[LENGKAP] Pendakian Ke Gunung Sindoro Lewat Jalur Kledung

Advertisement
advertisement

Travel.handy.co.idpendakian ke gunung sindoro lewat jalur kledung. Seiring dengan perkembangan zaman, sekarang mendaki gunung sudah menjadi sebuah trend di kalangan pemuda dan pemudi. Sebenarnya sudah dari dari dahulu kalau banyak yang menggemari kegiatan mendaki gunung ini. Karena banyaknya foto-foto di media sosial seperti instagram, facebook, path, dan lain-lain menjadi populer di kalangan anak muda saat ini, kegiatan menantang yang satu ini juga mendadak jadi banyak peminatnya.

Bahkan banyak juga yang tadinya tidak atau belum pernah melakukan kegiatan mendaki gunung, malah saat ini menjadi menyukai kegiatan ini. Katanya si biar kekinian dan update. Hayo ngaku, diantara kalian ada kan yang seperti ini? tapi yang jelas, kalau kegiatan yang satu ini bukan kegiatan sembarang untuk asal coba-coba lho, karena membutuhkan persiapan yang cukup matang untuk memulainya.

Untuk kalian yang masih pemula yang ingin dan akan naik gunung besar pertama kali, kami sarankan sih naik Gunung Sindara atau biasa disebut Gunung Sindoro. Gunung ini merupakan gunung vulkano aktif yang berlokasi di Jawa Tengah, tepatnya ada di daerah Temanggung dan berbatasan dengan Wonosobo. Gunung Sindoro ini memiliki ketinggian 3.153 mdpl, jadi sangat cocok bagi para pemula yang ingin merasakan sensasi mendaki gunung untuk pertama kalinya.

Gunung Sindoro berlokasi berdampingan dengan Gunung Sumbing, seperti Gunung Merapi dan Merbabu. Basecamp dari Sindoro dan Basecamp Sumbing juga tidak jauh, hanya terletak beberapa meter saja, basecampnya juga sangat mudah untuk ditemukan karena di depan jalan raya sudah terlihat. Untuk mencapai puncak gunung Sindoro ada dua jalur favorit bagi para pendaki yakni jalur Kledung dan jalur Sigedang. Sebernanya ada beberapa jalur untuk bisa mencapai puncak Gunung Sindoro yaitu Jalur Kledung, Jalur Sigedang, Jalur Sibajak dan Jalur Jlumprit.

Pendakian Gunung Sindoro

pendakian ke gunung sindoro lewat jalur kledung

Tapi Jalur Kledung banyak dipilih karena mempunyai jalur pendakian tercepat diantara jalur lainya. Jalur pendakian dari basecamp Kledung menuju pos 1 kalian membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam selama perjalanan, kalian akan menikmati segarnya pemandangan perkebunan serta ladang warga sekitar. Jalan yang dilalui masih jalanan aspal dan jalan berbatu, selanjutnya tidak jauh dari ladang warga kalain akan menemukan pos bayangan, disana kalian akan menjumpai tukang ojek yang akan menawarkan jasanya. Apabila kalian enggak mau kelamaan, kalian bisa menggunakan jasa ojek untuk mempersingkat waktu pendakian. Pada bulan desember 2015 lalu harga tarifnya untuk satu orangnya dikenakan dengan tarif Rp 15.000.

Pos 1 – setelah kalian sampai di pos 1 kalian akan melanjutkan perjalanan dengan jalan setapak dan mulai menemukan jalan menanjak serta berbelok dan menurun dengan pemandangan pepohonan hijau. Waktu yang bisa di tempuh dari pos 1 ke pos 2 sekitar 1 jam perjalanan.

Pos 2 – berupa bangunan kayu seperti warung yang sudah tak berpenghuni, berada di pinggir jalan. Ada kayu memanjang juga untuk sekedar duduk-duduk untuk beristirahat sebentar. Dari pos 2 menuju pos 3 perjalanan semakin menanjak dan berbatu, dan dari sini juga kita bisa melihat pemandangan Gunung Sumbing, dari pos 2 menuju pos 3 waktu yang ditempuh sekitar 2-3 jam.

Pos 3 – pos 3 merupakan sebuah dataran yang lumayan luas, pos 3 ini cocok sekali untuk mendirikan tenda. Untuk trek pendakian dari pos 3 menuju ke pos 4 akan ditemui jalanan yang cukup curam dan didominasi dengan bebatuan, terkadang tanjakan akan susah untuk di lalui. Tapi pemandangan pepohonan yang rindang dan alang-lang akan menemani perjalanan. Waktu yang bisa kalian tempuh dari pos 3 menuju pos 4 yaitu sekitar 1,5 jam perjalanan.

Pos 4 – pos 4 biasa disebut dengan batu tanah. Pos ini hanya sebuah dataran, tapi tidak disarankan untuk mendirikan tenda karena angin di tempat ini bisa datang tiba-tiba dan akan menerjang tenda kalian.
Dari pos 4 ini kita akan meneruskan perjalanan yang menanjak dan berbatu. Disepanjang jalan ini kalian akan menemukan hutan lamtoro. Setelah melewati hutan lamtoro kalian akan sampai di padang Edelweis. Pemandangan bunga Edelweis yang tumbuh disekeliling dapat membuat semakin semangat untuk mencapai puncak, karena dari padang Edelweis ke puncak hanya membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam lagi.

Di puncak Gunung Sindoro ada dua kawah. Di musim penghujan salah satu dasar kawahnya ada genangan air yang bisa di jadikan sumber air untuk memasak.

Nah sekarang kita hitung waktu perjalanan tadi:

BASECAMP – Pos I (sekitar 1,5 jam)
Pos I ke Pos II Cawang (sekitar 1 jam)
Pos II ke Pos III Seroto (sekitar 2 jam)
Pos III ke Pos IV (sekitar 1,5 jam)
Pos IV ke Puncak (sekitar 1,5 jam)
Total perjalanan = 7,5 jam. Estimasi waktu turun dapat kita kurangi 20-40% menjadi sekitar 4-5 jam perjalanan.

Tips Dalam Melakukan Pendakian Gunung Sindoro

  1. Janganlah mendaki pada saat musim hujan,
  2. Latihan fisik seperti olahraga kecil sebelum hari H pendakian agar tubuh tidak kaget dan kram,
  3. Usahakan minimal 3 orang untuk melakukan pendakian (minimal 1 orang yang sudah pernah mendaki),
  4. Bawalah cukup bekal makanan dan minuman, jangan terlalu banyak dan jangan terlalu sedikit. Jangan lupa membawa obat-obatan, oksigen, baju hangat dan tisu basah sangat diperlukan saat pendakian.

Semoga artikel tentang penjabaran pendakian ke gunung sindoro ini dapat menambah ilmu para pembaca. Artikel Gunung Sindoro ini boleh dishare ke teman-teman kalian agar mereka juga mengetahuinya. Salam hangat dan terimakasih.

Advertisement
advertisement
[LENGKAP] Pendakian Ke Gunung Sindoro Lewat Jalur Kledung | ahmad handi | 4.5